Inspirasi dari seekor kupu-kupu

Freelance Designers


Sebagai makhluk sosial yang saling berempati dan berbagi, kali ini saya sedikit mau share  tentang pengetahuan tentang desainer. Mungkin hal ini sudah banyak disampaikan oleh para desainer yang lain. Akan tetapi meskipun begitu, kali ini saya sedikit mau mengulang, karena didaerah saya sepertinya  para desainer sering mengabaikan objek ini. Memang sih ada juga yang tidak demikian, namun hanya bagian-bagian umum saja yang dimasukkan kedalam karya-karya mereka. Apasih itu? Tentu akan muncul pertanyaan serupa bagi semua pembaca. Tidak lain tidak bukan ialah alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT dengan segala fenomenanya.

Alam merupakan sumber inspirasi yang tidak terbantahkan oleh siapapun dan dimanapun. Kenapa? Ya alam yang kaya dengan hiasan-hiasannya selalu menimbulkan inspirasi-inspirasi melalui bentuk dan warnanya bahkan hanya dengan satu objek saja kita bisa menghasilkan banyak inspirasi. Contoh, pernah tidak kita melihat seekor kupu-kupu? Jika tidak berart anda sudah sangat jauh ketinggalan dengan manusia-manusia yang lain.

Udah ah, mutar-mutar terus dari tadi. Baik, sekarang saya akan menggambarkan kepada anda tentang beberapa inspirasi hanya dari seekor kupu-kupu.

Pertama, coba kita perhatikan warnanya, setiap kupu-kupu itu mempunyai pola warna yang berbeda-beda padahal dasar warnanya semua sama yaitu HITAM, PUTIH, MERAH, KUNING, BIRU. Tapi kenapa setiap kupu-kupu tetap terlihat indah, apalagi yang kecil-kecil. WEISSS.... keren abis cuy. Itulah yang disebut dengan kombinasi, bukan?

Kedua, setiap kupu-kupu yang kita lihat itu selalu mempunyai bentuk dan posisi warna yang berbeda. Nah, itu juga merupakan sebuah inspirasi bagi kita baik bentuk maupun posisi dalam mendesain sebuah karya. Bukankah itu sudah cukup untuk inspirasi awal kita?

Ketiga, disaat kita mengamati kupu-kupu tersebut, tidakkah kita juga melihat ketika ia hinggap disetangkai bunga yang mekar dengan daunnya yang hijau subur dan segar? Tentunya disana kita akan melihat nilai-nilai keindahan mulai bertambah, belum lagi ditambah dengan sinar matahari yang membuat pandangan kita  semakin segar ketika melihatnya. Uhsss... sungguh sangat bernilai.

Dan untuk yang keempat kembali kita ke warna kupu-kupu. Jika seekor kupu-kupu hanya memiliki satu warna saja, contoh sajalah warnanya hitam. Apakah tidak ada inspirasi apa-apa disana? Waduh... salah besar tu. Coba kita perhatikan dengan teliti, warna hitam disayapnya jelas akan berbeda dengan warna hitam yang ada dibadannya. Nah, disitulah letak keanggunan kupu-kupu tersebut, dengan memiliki sedikit perbedaan warna namun perbedaan bentuk telah membuatnya menjadi lebih elegan. Bukankah begitu sobat?

Jadi dengan sedikit rincian berikut, sudah tergambar bukan dalam pikiran anda tentang inspirasi yang lahir hanya dari seekor kupu-kupu? Nah, oleh karena itu, pembahasan kali ini cukup sampai disini dulu. Soalnya, capek mata dan tangan menulis dan mengetik terus dari tadi, apalagi nulisnya diwaktu malam. Seperti kata sebuah pantun :

Dodol garut martabak telur
Malam dah larut akupun mau tidur

HAHAHA.... kerenkan pantunnya? Jadi selamat berkarya dan kembangkan imajinasimu. Goodluck.

0 komentar :